e-biz

Semester 1 2021, Transaksi Digital Bank Mandiri Capai Rp 728,9 Triliun

Penulis Rahma K
Jul 30, 2021
Semester 1 2021, Transaksi Digital Bank Mandiri Capai Rp 728,9 Triliun
Thephrase.id – Pandemi Covid-19 telah mendorong transaksi digital di Bank Mandiri naik secara signifikan. Sepanjang Januari – Juni 2021, Bank Mandiri mencatat nilai transaksi pengguna aplikasi Livin’ By Mandiri mencapai Rp 728,9 triliun atau tumbuh 59% secara year on year (YoY). Nilai transaksi ini berasal dari 7,8 juta nasabah pengguna aplikasi digital tersebut.

Bank Mandiri mencatat pada Semester I 2021 transaksi digital melalui Livin’ By Mandiri mencapai 434,9 juta transaksi atau tumbuh 65% secara YoY.

(Foto. Dok. Mandiri)


Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan pihaknya telah menyusun strategi pengembangan inovasi digital perseroan dalam memenuhi kebutuhan layanan keuangan nasabah, baik perusahaan maupun individual.

Darmawan menambahkan, Bank Mandiri fokus memacu inovasi digital untuk meningkatkan akses nasabah kepada layanan dan produk perbankan. Harapannya, inisiatif ini dapat mendukung upaya memperkuat konsumsi rumah tangga dalam rangka pemulihan ekonomi nasional serta meningkatkan kinerja keuangan perseroan.

"Bagi nasabah retail, kami telah mengenalkan Livin' by Mandiri yang akan dikembangkan menjadi super app yang dapat memberi nasabah akses lebih luas ke produk dan layanan Mandiri Group. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah wholesale, kami tengah mengembangkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan transaksional, di mana nantinya solusi transaksi nasabah wholesale akan menjadi terintegrasi ke dalam satu platform yang rencananya akan diluncurkan pada kuartal IV tahun ini," ujar Darmawan.

Bank Mandiri juga juga melakukan inisiatif program Open Banking melalui Mandiri API (Application Programming Interface) yang memungkinkan kolaborasi antara platform pelaku bisnis dan layanan Bank Mandiri secara seamless.

Contoh layanan yang sangat populer di antaranya adalah transaksi top up mandiri emoney, inquiry, transfer antar rekening, pinjaman digital, dan pembayaran secara direct debit di jaringan partner e-commerce dan e-wallet.
Layanan yang sudah tersedia sejak tahun 2018 dan terus dikembangkan melalui marketplace https://developer.bankmandiri.co.id ini sudah diadopsi oleh lebih dari 400 partner. Hingga kuartal II 2021 jumlah transaksi melalui Mandiri API meningkat secara signifikan sebesar 136% YoY dengan nilai transaksi yang tumbuh lebih dari 2 kali lipat YoY.

“Bank Mandiri akan terus konsisten mendorong pemulihan ekonomi Indonesia dari dampak pandemi melalui kontribusi aktif dalam menyukseskan berbagai program nasional untuk melindungi kemampuan ekonomi masyarakat dan daya tahan para pelaku usaha,” tandas Darmawan. (Rahma)

Tags Terkait

-

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic