leader

Sir Jim Ratcliffe, Pengusaha Terkaya Ke-2 di Inggris yang Beli 25% Saham Manchester United

Penulis Rahma K
Dec 27, 2023
Sir Jim Ratcliffe. (Foto: manutd.com)
Sir Jim Ratcliffe. (Foto: manutd.com)

ThePhrase.id – Sir Jim Ratcliffe, pengusaha yang merupakan orang terkaya ke-2 di Inggris telah resmi mengakuisisi saham klub sepak bola asal Inggris, Manchester United sebanyak 25 persen.

Kabar ini disampaikan melalui pengumuman resmi Manchester United, lebih tepatnya pada situs resmi klub satu hari sebelum Natal, pada Minggu, 24 Desember 2023.

Sir Jim Ratcliffe yang merupakan CEO dari perusahaan INEOS mengakuisisi 25 persen saham kelas B dan hingga 25 persen saham kelas A Manchester United, beserta tambahan 300 juta dolar untuk investasi masa depan di Old Trafford.

Selain itu, sebagai bagian dari transaksi, INEOS juga akan mengambil alih kendali pengelolaan operasi klub yang mencakup semua aspek operasional dan akademi sepak bola pria dan wanita, serta dua kursi dewan.

Menurut Co-Chairmen dan Direktur Avram Glazer dan Joel Glazer, Sir JIm Ratcliffe dan INEOS membawa berbagai pengalaman komersial dan komitmen finansial yang signifikan ke dalam klub. 

Sir Jim Ratcliffe  Pengusaha Terkaya Ke 2 di Inggris yang Beli 25  Saham Manchester United
Sir Jim Ratcliffe. (Foto: ineos.com)

"Sir Jim dan INEOS membawa banyak pengalaman komersial serta komitmen finansial yang signifikan ke dalam klub. Dan melalui INEOS Sport, Manchester United akan memiliki akses terhadap para profesional dengan performa tinggi yang berpengalaman dalam menciptakan dan memimpin tim elit, baik dari dalam maupun luar permainan," ungkapnya.

Sementara itu, Sir Jim Ratcliffe mengatakan bahwa dirinya senang telah berhasil mencapai kesepakatan dengan Manchester United. Sebagaimana diketahui juga bahwa ia merupakan seorang pendukung setia klub tersebut.

"Sebagai warga lokal dan pendukung setia klub, saya sangat senang bahwa kami dapat menyetujui kesepakatan dengan petinggi Manchester United yang mendelegasikan tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola kepada kami," tuturnya.

Terlebih lagi, ia berada di Manchester United untuk jangka panjang dan berambisi untuk melihat klub ini kembali ke tempatnya berada, pada puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia.

Tentang Sir Jim Ratcliffe

Sir James Arthur Ratcliffe adalah seorang miliarder asal Inggris yang juga merupakan insinyur kimia atau chemical engineer dan pengusaha. 

Sir Jim Ratcliffe  Pengusaha Terkaya Ke 2 di Inggris yang Beli 25  Saham Manchester United
Sir Jim Ratcliffe. (Foto: Science History Institute/Wikipedia)

Ia lahir di Failsworth, Inggris pada 18 Oktober 1952. Ia berkuliah di Birmingham University pada jurusan Teknik Kimia dan mendapatkan gelar BSc. Pekerjaan pertamanya adalah perusahaan minyak Esso atau ExxonMobil.

Namun, ia ingin mengembangkan kemampuannya ke bidang finance dengan mempelajari manajemen akuntansi. Ia kemudian mengambil studi S2 di London Business School pada tahun 1978 dan lulus dengan gelar MBA di tahun 1980.

Kini, ia dikenal sebagai pebisnis di industri kimia melalui perusahaan yang didirikannya sendiri, yakni INEOS di tahun 1998. Perusahaan ini diperkirakan memiliki omset sebesar 65 miliar dolar pada tahun 2021 atau sekitar Rp1.003 triliun.

Perusahaan yang didirikannya tersebut memiliki cabang yang tersebar di 194 lokasi di 29 negara. Perusahaan ini juga dikatakan mempekerjakan lebih dari 26.000 orang.

Pada tahun 2018, ia tercatat sebagai orang terkaya di Britania Raya dengan net worth 21,05 miliar poundsterling atau sekitar Rp412.602.944.500.000. Di tahun 2023, kekayaannya turun satu peringkat. Menurut, Sunday Times Rich List 2023 kekayaannya kini mencapai Rp581 triliun. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic