auto

Skuter Listrik Lipat Honda Motocompacto Unik Meluncur Seharga Rp15 Jutaan

Penulis Rahma K
Sep 20, 2023
Honda Motocompacto. (Foto: hondanews.com)
Honda Motocompacto. (Foto: hondanews.com)

ThePhrase.id – Dunia otomotif tengah dihebohkan dengan skuter listrik mungil bernama Honda Motocompacto yang hadir 'kembali' sejak pertama kali dibuat oleh Honda sebagai Honda Motocompo di tahun 1980-an.

Honda Motocompacto terinspirasi dari pendahulunya, yakni Motocompo sebagai skuter listrik lipat yang praktis dan ramah lingkungan. Namun, tampilannya kali ini lebih modern, stylish, dan dikatakan sebagai kendaraan yang dihidupkan dari mimpi banyak orang.

"Motocompacto adalah unikan Honda - sebuah aspek yang menyenangkan, inovatif, dan tak terduga dari strategi elektrifikasi kami yang lebih besar," ungkap Vice President R&D Business Unit American Honda Motor Co., Inc, Jane Nakagawa dilansir dari keterangan tertulis Honda, Kamis (14/9).

Kegunaan utama dari skuter ini adalah untuk bermobilisasi yang lebih cepat, tetapi tetap ramah lingkungan dalam jangkauan yang pendek. Menurut Honda, Motocompacto sangat cocok untuk berkeliling melihat pemandangan kota dan untuk mengitari kampus.

Skuter ini juga sangat compact, seluruh bagiannya seperti tempat duduk, setang, hingga pijakan kaki dapat dilipat hingga hanya menyisakan bodi aluminium yang berbentuk kotak. Dalam keadaan terlipat, bodi ini dapat dibawa dengan mudah ke mana-mana, dapat ditumpuk, dan dapat diselipkan. Sehingga nyaman untuk dibawa baik menggunakan mobil, atau bahkan di transportasi umum.

Meskipun sangat compact, skuter listrik ini ternyata telah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti lampu, layar digital, opsi penyimpanan rahasia, hingga konektivitas aplikasi. Dilansir dari laman Honda, kendaraan ini dapat dikoneksikan pada aplikasi melalui Bluetooth untuk pengaturan seperti pencahayaan, hingga pengaturan berkendara.

Skuter Listrik Lipat Honda Motocompacto Unik Meluncur Seharga Rp15 Jutaan
Honda Motocompacto. (Foto: hondanews.com)

Selain itu, kelebihan dari skuter ini adalah kecepatan dalam pengisian daya. Untuk mengisi hingga penuh, Motocompacto hanya membutuhkan 3,5 jam dengan stopkontak umum 110 v. Baterai yang digunakan adalah permanent magnet, direct drive.

Sementara itu, kapasitas baterainya adalah 6,8Ah. Dalam keadaan penuh, skuter ini dapat melaju hingga 12 mil atau sektiar 19,3 km. Kecepatan maksimumnya mencapai 24 km/jam, sedangkan torsinya tenaganya 490 W, dan torsinya adalah 16 Nm.

Nick Ziraldo, project lead dan design engineering unit leader Honda Development and Manufacturing America mengatakan bahwa Motocompacto memang menyenangkan dan mudah untuk dikendarai, tetapi pada saat yang bersamaan Honda juga mempertimbangkan keselamatan, daya tahan, dan keamanannya.

"(Skuter ini) menggunakan rangka dan roda heat-treated aluminium yang kuat, lampu depan dan belakang LED yang terang, reflektor samping, dan lingkaran kunci baca yang dilas pada penyangg yang kompatibel dengan sebagian besar kunci sepeda," ujar Nick Ziraldo, dilansir dari laman Honda.

Dengan warnanya yang putih, memudahkan pengguna untuk mempersonalisasi skuter ini dengan berbagai tambahan seperti skuter, skin, dan lain-lain. Terkait harganya, skuter listrik dijual di Amerika Serikat seharga 995 dolar, atau sektiar Rp15,3 juta. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic