auto

Skuter Listrik Yamaha E01 Dipamerkan Perdana di IIMS 2022

Penulis Rahma K
Apr 11, 2022
Skuter Listrik Yamaha E01 Dipamerkan Perdana di IIMS 2022
ThePhrase.id – Bukan hanya mobil yang baru dirilis secara global sudah dipamerkan di pameran otomotif IIMS 2022. Terdapat juga motor yang belum lama diperkenalkan secara global telah kini dipamerkan perdana di IIMS 222, yaitu Yamaha E01 EV.

Secara global motor ini diperkenalkan di Jepang pada 17 Maret 2022 sebagai motor listrik oleh Yamaha Motor. Pada siaran pers resminya, disebutkan motor ini juga akan diperkenalkan di beberapa negara lain, yaitu Eropa, Indonesia, Malaysia, Jepang, Taiwan, dan Thailand.

Sebelum di boyong ke Indonesia pada ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Senayan, motor ini telah terlebih dahulu meluncur di Thailand pada Bangkok Motor Show 2022.

Yamaha E01. (Foto: global.yamaha-motor.com)


Bentuk dari motor ini tidaklah terlalu asing, melainkan mirip dengan Yamaha N-Max dengan bodinya yang bongsor atau Maxi. Banyak juga orang yang menyebutnya sebagai N-Max versi listrik. Namun cukup berbeda dari N-Max karena pada bagian belakangnya, jok seakan-akan 'terbang' karena terdapat celah kosong antara jok dengan roda belakang.

Namun, terdapat juga letak kesamaan antara keduanya, seperti pada setangnya yang cukup tinggi, dan bagian kaki-kakinya juga mirip dengan N-Max hingga ke bagian velgnya. Yamaha E01 ini juga memiliki windscreen seperti N-Max, tetapi lebih kecil karena diganti dengan cover lubang pengisian daya.

Yap, pengisian dayanya terletak di bagian depan. Sekilas, motor ini seakan-akan tak memiliki lampu depan karena letaknya cukup tersembunyi, dan yang lebih menonjol di bagian depannya adalah lubang pengisian daya.

Tetapi tentu motor ini memiliki headlamp. Letaknya di bagian bawah tempat pengisian daya dan tersembunyi di bagian bawah bodi. Bentuknya pun kecil di bagian kanan dan kirinya dan menyorot ke arah bawah seperti desain proyektor.

Desain final ini pun cukup berbeda dengan desain konsep yang telah terlebih dahulu beredar. Namun, bentuk final ini terbilang cukup berbeda meskipun masih mirip dengan konsepnya. Jika versi prototipenya lebih futuristik, maka versi final ini dapat dikatakan lebih realistis untuk diproduksi secara massal.

Beralih ke mesin kelistrikannya, Yamaha E01 setara dengan skuter konvensional bermesin 50-125 cc. Cocok digunakan untuk bermobilitas antar kota. Jarak jelajahnya mencapai 104 km dari daya penuh. Jarak tempuh tersebut dapat diraih dengan kecepatan 60 km per jam.

Tetapi skuter listrik ini juga dapat mencapai kecepatan maksimum 100 km per jam. Akselerasi dari 0 hingga 50 km per jam hanya membutuhkan 3,9 detik. Tenaga yang dapat dikeluarkan secara maksimum adalah 8,1 kW atau 110 ps pada 5.000 rpm, dan torsi maksimumnya adalah 30 Nm pada 2.000 rpm.

Untuk pengisian dayanya, terdapat tiga mode atau tiga pilihan. Pertama adalah pengisian daya normal yang membutuhkan 5 jam untuk mengisi daya 0-100 persen, kemudian pengisian daya cepat yang hanya membutuhkan 1 jam untuk mengisi daya 0-90 persen, dan pengisian daya portabel yang mebutuhkan waktu 14 jam untuk mengisi daya 0-100 persen.

Selain sudah dipamerkan di Indonesia, belum ada informasi lebih lanjut atau lebih detail terkait penjualan motor listrik ini di Indonesia. Semoga secepatnya ya! [rk]

Tags Terkait

-
 
Related News
Popular News
 

News Topic