auto

Spesifikasi Mobil Listrik Sedan Hyundai Ioniq 6 yang Mengaspal di Indonesia Seharga Rp1,19 Miliar

Penulis Rahma K
Nov 08, 2023
Hyundai Ioniq 6 di GIIAS 2023. (Foto: Istimewa)
Hyundai Ioniq 6 di GIIAS 2023. (Foto: Istimewa)

ThePhrase.id – Pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung bulan Agustus 2023, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi meluncurkan mobil listrik Hyundai Ioniq 6.

Sebelumnya, Hyundai telah menjual Hyudai Ioniq 5 di Indonesia yang laris manis dan menarik perhatian masyarakat Indonesia secara luas. Kali ni, Hyundai kembali memboyong mobil listrik, tetapi dari segmen mobil sedan.

President Director HMID, WooJune Cha mengatakan bahwa Ioniq 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas. 

"IONIQ 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas. Hadirnya IONIQ 6 pun menjadi bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia," ungkapnya, Senin (14/08).

Melalui pengenalan model baru ini, kami menyediakan berbagai pilihan kepada konsumen Indonesia, sehingga mereka dapat memiliki lebih banyak opsi dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka," lanjutnya.

Eksterior

Spesifikasi Mobil Listrik Sedan Hyundai Ioniq 6 yang Mengaspal di Indonesia Seharga Rp1 19 Miliar
Hyundai Ioniq 6 di GIIAS 2023. (Foto: Istimewa)

Mengusung konsep Electrified Streamliner dengan tampilan yang sporty dan modern, Ioniq 6 memiliki desain eksterior yang sleek dan futuristis. Mobil ini juga merupakan model kendaraan Hyundai dengan drag coefficient terendah, yaitu 0,21, menjadikannya sebagai salah satu BEV paling aerodinamis saat ini.

Selain dari kontur mobil, aspek aerodinamis juga ditekankan oleh Hyundai pada detail eksterior lain seperti gagang pintu yang menggunakan Flush Door Handles, yakni rata dengan bodi saat mobil terkunci, dan juga velg alloy berukuran 20 inci.

Kesan mewah dan futuristik pada eksterior mobil ini juga dapat dilihat dari penggunaan desain lightingParametric Pixels pada lampu depan dan belakang, serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler

Uniknya, tampilan dan desain yang memberikan kesan yang mewah dari sisi eksterior ini mengusung komitmen keberlanjutan Hyundai, yakni menggunakan pigment paint yang terbuat dari daur ulang sampah ban untuk body cladding.

Secara keseluruhan, dimensi IONIQ 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm.

Interior

Hyundai mengklaim bahwa Ioniq 6 memiliki interior yang lapang berkat platform E-GMP yang digunakan pada mobil listrik ini. Ditambah lagi dengan wheelbase sepanjang 2.950 mm, serta bentuk kepompong yang menjadi inspirasi, Ioniq 6 dikatakan memberikan kenyamanan dan keleluasaan, termasuk legroom yang luas.

Spesifikasi Mobil Listrik Sedan Hyundai Ioniq 6 yang Mengaspal di Indonesia Seharga Rp1 19 Miliar
Interior Hyundai Ioniq 6. (Foto: hyundai.com)

Mobil ini juga dikatakan memberikan kenyamanan maksimal di tiap barisnya. Di baris depan, pengguna mendapatkan fitur Relaxation Comfort Seat dengan posisi bantalan, sandara, dan penyangga kaki yang dapat diatur sesuai keinginan.

Sementara itu di kursi belakang dan juga kuarsi pengemudi, dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, hingga pendingin dan pemanas kursi.

Tak hanya lapang, interior Ioniq 6 juga tampil elegan berkat kehadiran Dual Color Ambient Lighting. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih profil pencahayaan di dalam kendaraan sesuai mood dan selera dari 64 opsi warna dan 6 tema warna ganda yang tersedia.

Sama dengan sisi eksterior yang dibuat menggunakan bahan ramah lingkungan, bagian interior mobil ini turut menerapkan aspek keberlanjutan dengan menggunakan material hasil daur ulang botol PET dan komponen alami berbasis tebu dan jagung untuk komponen seperti jok, headlining, karpet, hingga permukaan panel interior dan setir yang dilapisi cat berbahan alami.

Performa

Berbekal baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive (AWD), Ioniq 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Tenaga maksimalnya memungkinkan mobil ini melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.

Spesifikasi Mobil Listrik Sedan Hyundai Ioniq 6 yang Mengaspal di Indonesia Seharga Rp1 19 Miliar
Ioniq 6 di Hyundai Motorstudio Senayan Park. (Foto: ThePhrase.id/Rahma K)

Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), Ioniq 6 dapat menempuh hingga 519 km per pengisian daya dengan konsumsi energi 16,9 kWh/100 km. Dengan itu, dapat diibaratkan bahwa Ioniq 6 dapat menempuh perjalanan Jakarta-Magelang hanya dalam satu kali pengisian baterai.

Platform E-GMP yang telah ditingkatkan pada Ioniq 6 ini juga memungkinkan pengisian daya yang lebih optimal. Mobil ini telah mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V yang mampu mengisi daya kendaraan hanya dalam waktu 18 menit (10%–80%) menggunakan ultra fast-charger dengan kapasitas 350 kW. 

Pemilik Ioniq 6 yang berada di Jakarta dapat menikmati pengisian super cepat di Ultra Fast Charging Station Hyundai di Plaza Indonesia, Jakarta. Mobil ini juga kompatibel terhadap DC fast charging dengan daya 50kW dengan durasi pengisian sekitar 73 menit (10%–80%) dan AC standard charging dengan daya 7kW dengan waktu pengisian sekitar 12 jam (0%–100%).

Fitur

Sama dengan Ioniq 5, mobil listrik ini juga dilengkapi dengan fitur teknologi Vehicle-to-Load (V2L), dimana Ioniq 6 berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan untuk perangkat apa pun, mulai dari skuter listrik, peralatan kemah, hingga sepeda listrik.

Spesifikasi Mobil Listrik Sedan Hyundai Ioniq 6 yang Mengaspal di Indonesia Seharga Rp1 19 Miliar
Hyundai Ioniq 6 di GIIAS 2023. (Foto: Istimewa)

Teknologi terdepan juga disematkan pada sistem infotainment, yakni mobil ini dibekali dengan Supervision Digital Cluster berukuran 12.3 inci dan Head-up Display, Bluetooth. Ioniq 6 juga dilengkapi dengan 8 BOSE Premium Audio System dengan External Amplifier dan LED ambient mood lighting.

Sementara itu untuk fitur keamanan, Hyundai membekali mobil ni dengan Hyundai SmartSense yang dirancang untuk memantau area sekitar dan membantu pengguna menghindari potensi bahaya saat mengemudi.

Fitur-fitur dari Hyundai SmartSense adalah Intelligent Front-lighting System (IFS), Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2), Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW) yang meliputi Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist - Line/Road-Edge (LKA-L/R), Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM).

Terkait harganya, Hyundai menjual mobil listrik ini lebih mahal dari Ioniq 5, yakni seharga Rp1.197.000.000 (On The Road Jakarta). Ioniq 6 telah tersedia di seluruh dealer Hyundai di Indonesia dengan pilihan warna eksterior Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, Biophilic Blue Pearl. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic