Taeyang BIGBANG, Sukses Comeback Solo Setelah Enam Tahun

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Dong Young Bae atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Taeyang, baru saja melakukan comeback dengan mengeluarkan sebuah singel yang berjudul “VIBE” featuring Jimin dari BTS.

Taeyang yang merupakan member dari grup legendaris BIGBANG besutan YG Entertainment ini akhirnya melakukan comeback setelah hampir enam tahun tidak mengeluarkan karya dalam karier solonya.

Ia menggandeng Jimin dari BTS bukan hanya sebagai featuring dalam lagunya saja, tetapi Jimin juga tampil pada video klip yang telah ditonton lebih dari 48 juta kali di kanal Youtube THEBLACKLABEL. Bahkan, video klip ini berhasil menempati peringkat #1 video yang sedang trending di Youtube pada kategori musik.

Taeyang (kanan) dan Jimin (kiri). (Foto: Instagram/__youngbae__)

Lagu yang dirilis pada Jumat, 13 Januari 2023 ini juga telah memiliki pencapaian yang fantastis. Ketika baru dirilis, lagu ini langsung masuk pada peringkat atas berbagai tangga nada domestik secara real-time.

Selain itu, pada tangga nada iTunes di berbagai negara lain, lagu ini berhasil melesat ke puncak. Seperti peringkat pertama pada lebih dari 50 negara, termasuk iTunes Eropa. Bahkan, “VIBE” berhasil menduduki posisi nomor satu pada iTunes Worldwide atau iTunes WorldWide Song Chart.

Member BIGBANG

Kesuksesan singel “VIBE” ini tak lepas dari sosok Taeyang yang telah dikenal luas baik di Korea Selatan maupun di dunia sebagai seorang penyanyi dengan suara yang merdu.

Ia adalah member dari boy group legendaris YG Entertainment yang dikenal di seluruh dunia, dan bahkan oleh berbagai kalangan umur karena telah berkarier selama 17 tahun.

Taeyang. (Foto: Instagram/__youngbae__)

Beberapa lagu BIGBANG yang populer dan mendunia adalah “Lies” (2007), “Haru Haru” (2008), “Fantastic Baby” (2012), “Let’s Not Fall In Love” (2015), “BANG BANG BANG” (2016), “FXXK IT” (2016), dan masih banyak lagi.

Dengan menjadi member  BIGBANG, berarti Taeyang debut di industri hiburan Korea Selatan mulai dari tahun yang sama dengan debut BIGBANG, yakni di tahun 2006. Ketika debut, ia masih seorang remaja 18 tahun.

Saat masih kecil, keluarga Dong Young Bae harus mengalami kesulitan finansial. Mengetahui hal ini, ia merasa memiliki kewajiban untuk bekerja demi membantu keluarganya. Saat masih duduk di bangku kelas 6 SD, ia mengikuti audisi untuk tampil di video klip Jinusean yang berjudul “A-yo” dan berhasil lolos.

Taeyang. (Foto: Instagram/bigbang_official)

Dari situ, ia yang mulanya telah menyukai musik dari bermain piano mulai mengenal dunia musik hip hop dan tertarik. Taeyang kemudian mengikuti audisi untuk masuk ke salah satu agensi terbesar di Korea Selatan tersebut dan menjadi trainee selama enam tahun.

Karier Solo

Selain menjalani kariernya sebagai member BIGBANG, Taeyang juga dikenal memiliki berbagai karya solo yang tak kalah populer. Ia memulai kariernya sebagai solois di tahun 2008, hanya dua tahun dari pertama kali debut sebagai member BIGBANG.

Pada debutnya, ia merilis sebuah mini album atau Extended Play (EP) yang berjudul “Hot”. Album ini mendapat pengakuan dari berbagai kritikus, dan bahkan berhasil memenangnkan Best R&B/Soul Album pada Korean Music Awards ke-7.

Taeyang kembali merilis album keduanya di tahun 2010. Ia merilis full album yang berisikan 11 lagu dengan judul “Solar”. Pada album ini, ia berkontribusi pada produksinya, composing, co-writing beberapa lagu, hingga menulis lirik lagu full untuk lagu “Take It Slow”.

Taeyang. (Foto: Instagram/bigbang_official)

Album ketiganya ia rilis empat tahun kemudian di tahun 2014 dengan tajuk “Rise”. Album ini menjadi album yang lagu-lagunya paling banyak dikenal oleh khalayak luas. Beberapa di antaranya sepeti “Ringa Linga” dan “Eyes, Nose, Lips”.

Telah menikah dengan aktris Korea

Dalam video klip dua lagu di album “Rise”, yakni “Eyes, Nose, Lips” dan “1AM”, terdapat seorang model perempuan yang bernama Min Hyo Rin. Ternyata, Taeyang turut menjalin hubungan dengan aktris cantik tersebut.

Pada bulan Desember tahun 2017 Taeyang mengumumkan akan menikah dengan Min Hyo Rin di bulan Februari 2018. Keduanya telah menikah sejak saat itu dan telah memiliki satu orang anak yang tidak dipublikasi. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you