auto

Tertangkap Kamera, Mobil Listrik BYD Atto 3 dan BYD Seal Diperkirakan akan Mengaspal di Indonesia

Penulis Rahma K
Jan 09, 2024
BYD Atto 3. (Foto: byd.com)
BYD Atto 3. (Foto: byd.com)

ThePhrase.id – Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia tentang keunggulan menggunakan kendaraan listrik, makin banyak juga produsen Electric Vehicle (EV) yang melirik pasar Indonesia.

Salah satunya yang dikabarkan akan memboyong deretan mobil listrik pada segmen kendaraan penumpangnya ke Indonesia adalah BYD. 

Raksasa otomotif asal China ini bukanlah pemain baru di industri otomotif Tanah Air. Namun, sebelumnya BYD baru menjual kendaraan listrik komersial untuk transportasi umum seperti TransJakarta dan taksi listrik Bluebird.

Kali ini, BYD akan melakukan penetrasi pada segmen kendaraan penumpang untuk bersaing dengan brand-brand lain. Dikutip dari CNN Indonesia, BYD akan mengumumkan kehadirannya di Indonesia mulai semester I 2024.

Tertangkap Kamera  Mobil Listrik BYD Atto 3 dan BYD Seal Diperkirakan akan Mengaspal di Indonesia
BYD Seal. (Foto: byd.com)

Head of Marketing & Communication PT BYD Motor Indonesia, Luther T. Panjaitan mengatakan pihaknya masih terus melakukan studi terkait model BYD yang akan diluncurkan di Indonesia. 

Tetapi, belum lama ini dua dari model BYD, yakni Atto 3 dan Seal tertangkap kamera seorang pengguna jalan di Indonesia. Kedua model BYD tersebut terlihat tengah diangkut dengan kendaraan barang di Tol JORR. Hal ini meningkatkan spekulasi BYD Atto 3 dan BYD Seal akan mengaspal di Indonesia.

BYD Atto 3 sendiri merupakan sebuah mobil SUV kompak dengan dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.615 mm. Mobil ini menggunakan bahasa desain Dragon-face 3.0 BYD dan memiliki tampilan sebuah SUV yang kekinian.

Tertangkap Kamera  Mobil Listrik BYD Atto 3 dan BYD Seal Diperkirakan akan Mengaspal di Indonesia
BYD Atto 3. (Foto: byd.com)

Mobil listrik tersebut dibekali dengan baterai berkapasitas 60.48 kWh. Dikombinasikan dengan motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga 210 hp dan torsi 310 Nm, mobil ini memiliki kecepatan tertinggi 160 km/jam.

Selain itu, mobil listrik murni ini juga mendapatkan sederet fitur keselamatan seperti adaptive dan intelligent cruise control, rear collision warning, traction control, hill descent control, lane keep assist, dan masih banyak lagi.

Di negara asalnya, mobil yang dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,3 detik ini dibanderol dengan harga Rp475 jutaan. Namun, harga yang akan 'disuguhkan' di Indonesia saat ini belum dapat diprediksi.

Tertangkap Kamera  Mobil Listrik BYD Atto 3 dan BYD Seal Diperkirakan akan Mengaspal di Indonesia
BYD Seal. (Foto: byd.com)

Sementara itu, BYD Seal adalah mobil listrik di segmen sedan yang dikatakan akan menjadi pesaing dari Hyundai Ioniq 6. Mobil ini memiliki panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.460 mm.

Soal performanya, BYD Seal dilengkapi dengan motor listrik tunggal yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 201 hp dan torsi 310 Nm untuk versi entry level yang dinamakan Dynamic. Sementara itu, BYD Seal premium dapat mengeluarkan tenaga hingga 308 hp dan torsi 360 Nm. 

Versi tertingginya, yakni tipe AWD dibekali dua motor listrik yang dapat memuntahkan tenaga hingga 530 hp dan torsi 670 Nm. Dengan motor listrik tersebut, sedan sport ini diklaim dapat mencapai 0-100 km/jam dalam 3,8 detik dan dapat menempuh jarak hingga 580 km. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic