ThePhrase.id - Sebagai salah satu platform populer untuk menemukan film atau serial TV baru, media sosial berbasis video pendek, TikTok telah memperkenalkan fitur baru bernama TikTok Spotlight.
Fitur ini secara otomatis menambahkan tautan pada video yang relevan di platform. Tautan ini akan muncul di sudut kiri bawah video kreator. Dengan mengetuk tautan tersebut, pengguna dapat mengakses halaman yang menampilkan daftar pemeran, tautan ke akun resmi, konten terkait, dan informasi mengenai tempat menonton judul tersebut.
TikTok Spotlight dapat terwujud berkat kolaborasi dengan studio untuk memilih kreator yang tepat dan insentif yang sesuai, guna mendorong pembuatan konten autentik mengenai film dan acara favorit mereka. Video TikTok terbaik kemudian dipromosikan di seluruh platform.
Fitur ini menyediakan dasbor analitik komprehensif yang memungkinkan studio untuk memperoleh wawasan berharga tentang fandom mereka. Dengan informasi ini, studio dapat memahami apa yang diinginkan penggemar dan cara paling efektif untuk terlibat dengan mereka seputar judul mereka.
TikTok Spotlight mampu memantau platform, mengidentifikasi konten terkait judul, serta melacak performa dan wawasan data tingkat atas, memberikan studio pandangan menyeluruh tentang komunitas mereka.
Ini juga mendeteksi tren dan percakapan secara real-time, memastikan studio dapat memanfaatkan setiap kesempatan untuk berinteraksi secara signifikan dengan fandom mereka. Studio juga dapat melihat bagaimana IP mereka digunakan dan menentukan konten mana yang perlu dilindungi serta mana yang dapat ditawarkan untuk kerja sama hak cipta.
"Zaman berkumpul di sekitar dispenser air untuk membicarakan episode malam sebelumnya atau film blockbuster akhir pekan sudah berlalu. Kini, ada TikTok, di mana komunitas satu miliar orang kami berkumpul untuk menemukan, berbagi, dan terhubung seputar program favorit mereka. Dengan TikTok Spotlight, kami memanfaatkan 'efek dispenser air', menawarkan platform pemasaran layanan lengkap yang mempercepat ekosistem organik kami, mendorong komunitas dan hasil bisnis bagi pemasar hiburan," kata James Stafford, Global Head of Publishers, TikTok.
Awal tahun ini, Warner Bros. menggunakan fitur ini untuk mempromosikan Dune: Part Two, dengan menghadirkan pusat pencarian yang dikurasi, anchor film, halaman detail, dan ajakan bertindak berbasis permainan yang mendorong komunitas kreator untuk membuat video TikTok terkait. Kampanye ini terbukti sangat efektif, dengan TikTok menjadi penggerak utama lalu lintas ke pusat tiket selama akhir pekan pembukaan dan memainkan peran penting dalam promosi hiburan.
TikTok juga telah bekerja sama dengan Max untuk House of the Dragon dan Game of Thrones dari HBO, memanfaatkan TikTok Spotlight untuk merayakan rilis baru serta konten dari perpustakaan mereka, memaksimalkan kekuatan kreativitas dan komunitas. [nadira]