ThePhrase.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) lakukan recall terhadap beberapa model kendaraannya, yakni Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Raize, Daihatsu All New Xenia, dan Daihatsu Rocky.
Komponen yang direcall oleh kedua pabrikan otomotif asal Jepang tersebut adalah ECU Airbag. Untuk diketahui ECU Airbag memiliki fungsi untuk mengontrol pengoperasian Airbag kendaraan. ECU merupakan alat penerima sinyal dari berbagai sensor pada kendaraan yang dapat memerintahkan Airbag untuk mengembang pada keadaan darurat.
Karena bagain ini adalah vital dan berkaitan dengan keselamatan penumpang, maka kedua perusahaan otomotif ini mengimbau bagi para pemilik Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Raize, Daihatsu All New Xenia, dan Daihatsu Rocky dengan tahun produksi Desember 2022-Januari 2023 untuk mengecek dan mengganti komponen ECU Airbag pada dealer resmi.
Pemanggilan komponen ECU Airbag ini dikarenakan adanya malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag. Malfungsi ini menyebabkan adanya potensi Airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.
Toyota Avanza. (Foto: Instagram/toyotaid)
Aktivitas recall itu sendiri merupakan hal yang umum dilakukan oleh produsen kendaraan bermotor. Tujuannya tentu untuk menjamin kualitas produk dan menjaga keamanan serta keselamatan pelanggan pengguna mobil.
Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, aktivitas recall yang dilakukan sejalan dengan global initiative pricipal Toyota Motor Corp sebagai wujud komitmen Toyota dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan.
Toyota juga menyampaikan bahwa bahwa pihaknya akan menginformasikan aktivitas recall ini kepada pelanggan melalui surat resmi dan juga media massa. Selain itu, pelanggan juga dapat menghubungi jaringan dealer resmi Toyota terdekat, menghubungi Toyota Customer Care (24 Jam) di nomor 1-500-315, atau mengakses https://ssc.toyota.astra.co.id/ untuk melakukan pengecekan nomor rangka kendaraan.
Total waktu pengerjaan akan berlangsung sekitar satu jam, dan untuk melakukan servis, pelanggan perlu melakukan booking service terlebih dahulu. Toyota turut menekankan bahwa seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya apapun.
Daihatsu Rocky. (Foto: Instagram/daihatsuind)
Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM, Sri Agung Handayani mengatakan program special service campaign ini merupakan wujud komitmen Daihatsu agar pelanggan dapat berkendara dengan aman dan nyaman.
Daihatsu akan secara aktif menghubungi pelanggan. Pelanggan juga dapat memastikan secara mandiri apakah mobil Daihatsu miliknya masuk dalam program special service campaign ini dengan cara mengunjungi website https://recall.daihatsu.co.id/ dan memasukkan nomor rangka kendaraan. Selain itu, pelanggan juga dapat menghubungi Daihatsu Access pada 1-500-898.
Jika mobil yang dimiliki pelanggan termasuk dalam program recall, maka pelanggan dapat melakukan booking service dan datang ke bengkel resmi Daihatsu sesuai waktu yang telah ditentukan. Proses pengerjaan berlangsung selama satu jam dan tidak dipungut biaya. [rk]