auto

Tunjukkan Kontribusi Signifikan, BYD Dominasi 50 Persen Pasar EV di Indonesia pada Kuartal I 2025

Penulis Rahma K
May 12, 2025
BYD. (Foto: Istimewa)
BYD. (Foto: Istimewa)

ThePhrase.id – Meskipun pasar otomotif nasional masih mengalami perlambatan pada kuartal pertama tahun 2025, penjualan kendaraan listrik di Indonesia justru menunjukkan tren pertumbuhan positif. BYD adalah salah satu merek EV yang berkontribusi secara signifikan pada peningkatan di kuartal I 2025 ini.

Berdasarkan data Gaikindo, pertumbuhan pasar kendaraan listrik nasional pada kuartal pertama tahun 2025 meningkat ke level 8 persen. Angka ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, di mana mencatatkan pangsa pasar sebesar 5 persen pada akhir tahun 2024.

BYD sendiri lewat brand BYD dan juga sub-brand premiumnya, Denza, mencatatkan penjualan lebih dari 8.200 unit pada kuartal pertama tahun ini. Jumlah yang seluruhnya adalah kendaraan listrik ini mencatatkan sekitar 50 persen dari total penjualan pasar kendaraan listrik nasional.

Pencapaian penjualan ini mencerminkan tren pertumbuhan yang positif dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya di tahun 2024, di mana BYD secara konsisten mencatatkan perkembangan yang stabil. 

Pihak BYD turut menyampaikan bahwa peningkatan ini dipercaya sejalan dengan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap visi BYD dalam menghadirkan mobilitas hijau serta komitmen perusahaan dalam menawarkan produk-produk kendaraan listrik yang inovatif, andal, dan berkelanjutan.

Lebih lanjut, Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan menyampaikan bahwa BYD mengapresiasi kepercayaan yang diberikan masyarakat Indonesia hingga dapat meraih pencapaian ini.

"Pencapaian ini menjadi semangat bagi kami untuk terus berkontribusi sebagai penopang pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. Kami percaya, kepercayaan ini adalah cerminan dukungan terhadap visi BYD dalam membangun mobilitas hijau melalui produk dan teknologi inovatif, selaras dengan target pemerintah dalam mempercepat transisi menuju era karbon netralitas," tuturnya.

Demi mendukung percepatan penyebaran kendaraan listrik ke berbagai konsumen di Indonesia yang lebih masif, BYD Indonesia melakukan berbagai langkah. Salah satunya adalah memperluas jangkauan jaringan distribusi.

Hingga kini, BYD telah memperluas jaringan dengan total 50 dealer yang tersebar di 27 kota di Indonesia. Ekspansi ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan konsumen di berbagai wilayah dan memberikan kemudahan akses terhadap produk BYD dan Denza.

Selain itu, BYD juga aktif ikut serta dalam berbagai pameran otomotif, meluncurkan produk yang inovatif dan kompetitif, hingga membangun ekosistem EV yang berkelanjutan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk penyedia infrastruktur pengisian daya dan mitra lokal. [rk]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic