Unik! Ini Perayaan Imlek di Berbagai Negara di Asia

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Tahun Baru Imlek atau Chinese New Year setiap tahunnya disambut oleh masyarakat etnis Tionghoa dengan suka cita dan dirayakan dengan meriah. Tak hanya di Indonesia, perayaan imlek juga dilakukan di berbagai negara lain.

Negara-negara lain yang merayakan Imlek dan menjadi hari libur utama antara lain Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, Singapura, hingga Malaysia. Tetapi, Imlek juga dirayakan di negara-negara lain seperti Inggris, Australia, Prancis, hingga Amerika Serikat.

Meskipun merayakan hal yang sama, yakni tahun baru dalam kalender lunar, dan menyambut musim semi, perayaannya di berbagai negara ternyata berbeda-beda, loh. Yuk simak perbedaan dan keunikan perayaan Imlek di berbagai negara di Asia!

1. Tiongkok

Ilustrasi perayaan imlek di Tiongkok. (Foto: chinahighlights.com)

Di Tiongkok, Hari Raya Imlek dikenal dengan nama Festival Musim Semi. Makanan jadi salah satu poin penting dari perayaan ini. Banyak makanan yang memiliki arti, seperti ikan yang dikonsumsi pada hidangan terakhir malam tahun baru Imlek karena pengucapannya yang sama dengan kata “kelimpahan”.

Selain itu, masyarakat Tiongkok juga mengkonsumsi sup nasi kepal, kue beras bentuk bulan yang merupakan kue tahun baru, hingga pangsit yang terkadang dalam beberapa tradisi diisi koin bersih untuk keberuntungan.

Di luar makanan, tentu saja terdapat berbagai tradisi lain seperti membersihkan rumah dan berbelanja baju baru sebelum hari Imlek, menempelkan pita merah, memberikan angpao di amplop berwarna merah, berkumpul bersama keluarga di malam menjelang Imlek, hingga menyalakan kembang api, memberikan persembahan pada leluhur di hari Imlek.

2. Thailand

Perayaan imlek di Thailand. (Foto: tatnews.org)

Perayaan di Imlek di Thailiand tak kalah meriah. Bahkan, Thailand merupakan satu dari lima negara di dunia yang merayakan Tahun Baru Imlek terbesar di luar Tiongkok. Perayaannya akan berlangsung di berbagai wilayah, tetapi yang terbesar dikatakan berlangsung di Yoawarat, Bangkok sebagai tempat Chinatown atau komplek pecinan terbesar di dunia.

Di komplek pecinan ini, pemerintah Thailand bekerja sama dengan pemerintah Tiongkok mengadakan festival tahun baru Imlek yang terdiri dari kuliner, kembang api, barongsai, dan lain-lain. Tahun ini, perayaannya akan bertajuk “Prosperity, Prosperity, Good Luck, Year of the Rabbit”.

3. Malaysia

Pertunjukan barongsai di jalanan Malaysia. (Foto: wonderfulmalaysia.com)

Di negara tetangga Malaysia, Imlek juga dirayakan sebagai hari libur nasional. Ini dikarenakan banyak masyarakatnya yang beretnis Tionghoa. Sementara itu, untuk perayaannya, banyak pertunjukan barongsai di jalanan, hiasan lentera merah, kembang api, dan keluarga akan berkumpul untuk merayakannya.

Namun, ada tradisi yang unik dan berbeda. Jika umumnya buah yang diberikan kepada satu salam lain selama Imlek adalah jeruk, di Malaysia buah yang dibagikan adalah nanas. Pasalnya, nanas dipercaya sebagai pertanda baik, memberikan keberuntungan, serta simbol kebahagiaan.

4. Hong Kong

Warga Hong Kong mengunjungi kuil di hari imlek ke-3. (Foto: discoverhongkong.com)

Unik, di Hong Kong, masyarakatnya akan berbondong-bondong membeli bebragai jenis bunga hias untuk menjadi hiasan rumah. Bunga yang dibeli beragam, seperti daffodil, persik, hydrangea, geranium, lily, dan lain-lain. Bunga diperaya dapat mendatangkan keberuntungan dan hal-hal baik.

Warga Hong Kong merayakan Imlek selama tiga hari. Hari pertama diisi dengan berkumpul dan makan bersama keluarga, hari kedua masyarakat Hong Kong akan pergi ke luar seperti Victoria Harbor untuk menyaksikan pertunjukan kembang api, dan hari ketiga akan diisi dengan pergi ke kuil.

Pergi mengunjungi kuil, yaitu Che Kung Temple di hari ke-3 merupakan tradisi karena keluarga tidak diperbolehkan mengunjungi saudara di hari ketiga. Alasannya adalah akan rentan bertengkar dan beragumen antara saudara.

5. Singapura

Perayaan Singapore River Hongbao. (Foto: sfcca.sg)

Karena lebih dari 77 persen penduduk Singapura terdiri dari etnis Tionghoa, yang berarti mayoritas, maka Imlek dirayakan secara meriah di negara ini. Salah satu perayaannya yang unik dan diadakan setiap tahun adalah Singapore River Hongbao.

Perayaan ini telah ada sejak tahun 1987 dan merupakan sebuah festival meriah di mana lentera-lentera raksasa dipajang di atas sungai dan di daratan. Lentera-lentera tersebut melukiskan tokoh mitos dan legenda Tiongkok. Selain itu, ada juga pertunjukan hingga kembang api yang meriah. [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you