Waduk Jatiluhur, Destinasi Healing di Alam Terbuka

- Advertisement -spot_img

ThePhrase.id – Dewasa ini, Tiktok menjadi platform rujukan destinasi wisata karena banyak anak muda yang merekomendasikan tempat wisata unik dan menarik di sana. Salah satu yang sempat viral adalah Waduk Jatiluhur.

Waduk Jatiluhur berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Dalam kondisi normal, kurang lebih 2 jam perjalanan dari Jakarta. Nah, maka dari itu banyak anak muda dari Jakarta yang mengunjungi spot ini nih, baik untuk sekadar berfoto-foto atau berpiknik.

Untuk mencapai waduk ini, dapat menggunakan Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi) dan keluar di Gerbang Tol Jatiluhur. Tarif masuknya pun terjangkau, hanya perlu membayar Rp 15 ribu per orang untuk hari biasa dan Rp 20 ribu per orang untuk akhir pekan.

Waduk Jatiluhur. (Foto: Instagram/miasutanto)

Selain karena kecantikannya, ternyata waduk ini merupakan waduk terbesar di Indoneisa, loh! Waduk ini juga merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Waduk ini pertama kali dibangun pada tahun 1957. Peletakan batu pertamanya dilakukan Presiden Soekarno, dan peresmiannya oleh Presiden Soeharto pada Agustus 1967.

Di kawasan Waduk Jatiluhur ini terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Mulai dari berpiknik, sekadar menikmati pemandangan, naik perahu, kuliner khas Purwakarta, olahraga air, hingga ada fasilitas penginapan juga.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa yang menarik dari sebuah waduk? Eits, jangan salah! Waduk yang memiliki nama lain Waduk Ir. H. Juanda ini memiliki pemandangan Gunung Parah, loh! Jadi, kamu bisa banget nih healing menikmati alam terbuka yang pemandangannya gunung sekaligus air.

Waduk Jatiluhur. (Foto: Instagram/harjunatbm)

Dan juga, di permukaan waduk, terdapat berbagai bebatuan cantik yang bisa banget jadi spot foto. Bahkan, kalau kamu beruntung, bunga di sekitar waduk juga akan bermekaran dengan warna-warna indah seperi warna ungu.

Terlebih lagi, waduk yang sangat luas ini memiliki berbagai sisi yang dapat kamu explore. Di salah satu sudutnya, bisa menemukan hewan-hewan ternak seperti domba dan kambing yang berjalan dengan bebas di sekitaran waduk.

Yang tak kalah menarik dan menjadi incaran banyak wisatawan adalah pemandangan matahari terbenam atau sunset dan matahari terbit atau sunrise dari waduk ini. Bentangan air waduk yang luas akan membuat cahaya dari langit makin cantik dan terpancar di airnya.

Pemandangan menjelang sunset di Waduk Jatiluhur. (Foto: Instagram/young_mhoto)

Begitu juga dengan pemandangan sunrise di pagi hari. Bagi yang menginap di hotel maupun berkemah di pinggir waduk, dapat menikmati matahari terbit beserta pemandangan air dan gunung yang memanjakan mata.

Tunggu apa lagi? Yuk berwisata ke Waduk Jatiluhur! [rk]

- Advertisement -spot_img

You might also likeRELATED
Recommended to you