auto

Wah! Mazda Pastikan Bakal Bangun Pabrik di Indonesia dengan Investasi Senilai Rp400 Miliar

Penulis Rahma K
Mar 21, 2024
Ilustrasi. (Foto: mazda.co.id)
Ilustrasi. (Foto: mazda.co.id)

ThePhrase.id – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda di Indonesia, akhirnya mengumumkan langkah signifikan untuk mendirikan Pusat Perakitan di Indonesia. 

Pembangunan fasilitas ini menandakan babak baru dalam kemitraan antara Mazda Motor Corporation (MC) dan PT EMI. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi industri otomotif dan perekonomian Indonesia. 

Lebih lanjut, pembangunan fasilitas ini juga mencerminkan komitmen kedua perusahaan, MC dan PT EMI untuk terus berkembang dan berinovasi di dalam negeri. 

Pusat Perakitan Mazda di Indonesia rencananya berlokasi di Jawa Barat. PT EMI memperkirakan compact crossover akan menjadi kategori segmen utama yang diproduksi di fasilitas ini, mengingat kategori segmen ini paling banyak digemari konsumen Indonesia.

Sehubungan dengan rencana pembangunan Pusat Perakitan Mazda di Indonesia, Managing Director Eurokars Group Indonesia sekaligus President Director Mazda Indonesia, Ricky Thio menyampaikan bahwa pembangunan fasilitas ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan.

Wah  Mazda Pastikan Bakal Bangun Pabrik di Indonesia dengan Investasi Senilai Rp400 Miliar
Seremoni peresmian proses pembangunan Pusat Perakitan Mazda. (Foto: Istimewa)

"Pembangunan fasilitas ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi kami, dalam memenuhi permintaan pelanggan Mazda di Indonesia, dengan lebih efisien dan efektif. Kami berkomitmen untuk dapat mempertahankan standar kualitas kendaraan Mazda yang dirakit secara lokal bagi pelanggan di Indonesia, agar hadir dengan kualitas yang setara dengan kendaraan yang dirakit sepenuhnya di Jepang (Completely Built Up)," ujarnya.

Latar belakang didirikannya Pusat Perakitan Mazda di Indonesia didasari oleh pemahaman MC yang strategis terhadap besarnya potensi pasar otomotif Indonesia. Hal ini turut menjadi motivasi PT EMI untuk mengalokasikan dana yang fantastis untuk persiapan proyek.

Diketahui, dukungan investasi dari PT EMI yang diperkirakan mengalokasikan sekitar Rp400 miliar untuk persiapan proyek secara keseluruhan, juga menandai tekad perusahaan untuk menjadi perpanjangan tangan MC yang andal.

Dalam pembangunan fasilitas baru ini, imbuh Ricky, Mazda Indonesia akan memprioritaskan kontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat lokal untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama yang berada di Jawa Barat.

"Dalam merencanakan pembangunan Pusat Perakitan Mazda di Indonesia, kami memprioritaskan kontribusi kami pada pemberdayaan masyarakat lokal, terutama mereka yang berada di wilayah Jawa Barat. Dengan demikian, kami berkomitmen untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk membantu masyarakat berkembang," tambah Ricky Thio. [rk]

Artikel Terkait Pilihan ThePhrase

 
Banyak dibaca
Artikel Baru
 

News Topic