leader

Desmonda Cathabel, Artis Teater Asal Indonesia yang Kantongi Peran Princess Jasmine di Musikal Aladdin

Penulis Rahma K
Sep 27, 2023
Desmonda Cathabel. (Foto: Instagram/desmondacc)
Desmonda Cathabel. (Foto: Instagram/desmondacc)

ThePhrase.id – Nama Desmonda Cathabel tengah menjadi sorotan dan menuai perhatian masyarakat Indonesia. Penyanyi dan aktris teater asal Indonesia ini berhasil menyabet peran utama Princess Jasmine dalam Disney MusicalAladdin di Inggris.

Pertunjukan musikal ini bukan hanya akan dilakukan di satu kota saja, melainkan akan melakan tur di beberapa kota di Inggris (United Kingdom) dan Irlandia. Beberapa kota yang telah diumumkan adalah Dublin, Manchester, Bristol, Bradford, Southampton, Birmingham, Glasgow, dan Liverpool.

Untuk mendapatkan peran yang besar ini, perjalanan yang telah dilalui perempuan yang akrab dipanggil Monda ini tidaklah sedikit. Ia telah memiliki sederet pengalaman dalam bermusikal di Inggris dan juga mengenyam pendidikan di bidang yang sama.

Awal mula menyukai teater musikal

Dilansir dari Parapuan, diketahui bahwa Monda telah memiliki ketertarikan dalam teater musikal sejak duduk di bangku SMA. Lebih tepatnya saat akhir SMA, karena ia menyukai film dan juga gemar bernyanyi, serta memiliki suara yang merdu.

Desmonda Cathabel  Artis Teater Asal Indonesia yang Kantongi Peran Princess Jasmine di Musikal Aladdin
Desmonda Cathabel. (Foto: Pamela Raith from Instagram/desmondacc)

Namun, ia memilih untuk mengenyam pendidikan sarjana yang bukan sejalan dengan ketertarikannya tersebut, yakni pada jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia (UI).

Meskipun berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, Monda tidak meninggalkan minatnya terhadap teater musikal begitu saja. Saat kuliah, sebagai kegiatan non-akademiknya, ia mencari komunitas teater musikal bersama temannya untuk diikuti.

Setelah mencari-cari, ia menemukan sebuah komunitas kecil di Jakarta dan tergabung di dalamnya setelah mengikuti audisi. Namun, setelah beberapa lama, ia dan beberapa temannya memutuskan untuk membuat komunitas teater sendiri.

Komunitas teater yang ia bentuk adalah Jakarta Performing Arts Community. Walaupun kecil, Monda mendapatkan pengalaman dan koneksi dari komunitas ini. Ia mulai mengikuti audisi untuk teater musikal yang diproduksi pihak asing di Jakarta.

Pada saat yang bersamaan, setelah lulus S1, Monda sempat bekerja kantoran untuk beberapa waktu. Diketahui ia pernah bekerja di perusahaan startup sebagai copywriter atau staff digital marketing.

Desmonda Cathabel  Artis Teater Asal Indonesia yang Kantongi Peran Princess Jasmine di Musikal Aladdin
Desmonda Cathabel. (Foto: Instagram/desmondacc)

Namun, Monda juga berkeinginan untuk melanjutkan studinya ke jenjang S2 dan mulai mendaftar ke Royal Academy of Music di London, Inggris. Setelah harus menunda keberangkatannya di tahun 2020 karena pandemi, ia akhirnya berangkat pada tahun 2021 dengan beasiswa dari Royal Academy of Music langsung.

Kuliah di Inggris dan ikuti berbagai teater musikal

Selama mengenyam pendidikan di Royal Academy of Music, Monda juga aktif berperan dalam pertunjukan teater. Ia mengawalinya dari bawah dengan mengikuti berbagai audisi hingga berhasil mendapatkan berbagai peran.

Ia mengawali kariernya di industri tersebut melalui peran Lorene pada musikal From Here to Eternity. Kemudian, Monda berperan pada beberapa pertunjukan seperti Miss Saigon, hingga Maria Friedman and Friends, Legacy yang membuat namanya mulai dikenal dalam dunia teater di Inggris.

Dalam meniti kariernya tersebut, Monda kemudian berhasil tampil di Teater West End, London, Inggris dan tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil tampil di teater tersebut. Ia juga tampil di berbagai gedung teater terkemuka di Inggris hingga memenangkan kompetensi bergengsi Stephen Sondheim Society Student Performer of the Year 2022. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic