ThePhrase.id – PT Honda Prospect Motor di awal tahun 2025 ini mengumumkan adanya recall untuk tiga model kendaraannya yang dijual di Indonesia, yakni Honda Civic, All New Honda CR-V, dan All New Honda Accord.
Pemanggilan kembali ini merupakan product update berupa pemeriksaan atau penggantian komponen. Sekitar 11.652 mobil Honda diperkirakan terdampak dan perlu melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen. Adapun komponen tersebut meliputi:
1. Komponen Steering Gearbox, yang berpotensi mengalami kendala seperti bunyi abnormal. Proses penggantian komponen pada Steering Box diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu hingga 4 jam. Model kendaraan yang teridentifikasi dalam recall ini sejumlah 7.632 unit, yaitu:
2. Komponen High Pressure Fuel Pump, yang berpotensi menimbulkan bau bahan bakar di ruang kabin. Proses pemeriksaan atau penggantian High Pressure Fuel Pump diperkirakan memakan waktu sekitar satu jam saja. Sejumlah 4.020 unit kendaraan teridentifikasi dalam recall ini, yaitu:
Sementara itu, langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil untuk mengetahui apakah kendaraannya termasuk dalam program recall ini adalah:
1. Memeriksa nomor rangka (VIN)
Pemilik kendaraan diimbau untuk memeriksa apakah kendaraannya termasuk dalam program ini dengan mengunjungi link pud.honda-indonesia.com. Pasalnya, tidak semua kendaraan dengan tahun produksi yang disebutkan di atas teridentifikasi dalam program ini.
2. Penggantian komponen di dealer resmi Honda
Pemilik kendaraan yang teridentifikasi dapat menghubungi atau mendatangi dealer resmi Honda terdekat untuk mendaftar dan menjadwalkan pemeriksaan atau penggantian komponen. Pemeriksaan atau penggantian komponen dapat dilakukan mulai dari hari Jumat, 3 Januari 2025 tanpa dikenakan biaya apapun.
Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor, menyampaikan bahwa Honda berkomitmen pada keselamatan dan kenyamanan pelanggan. Maka dari itu, program ini merupakan langkah proaktif untuk memastikan kendaraan Honda memenuhi standar kualitas dan keamanan yang telah ditetapkan.
"Seluruh pelanggan yang kendaraannya teridentifikasi berhak mendapatkan pemeriksaan atau penggantian komponen untuk memastikan kendaraannya berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi," tuturnya. [rk]