leader

Profil Arkhan kaka, Pencetak Gol Pertama untuk Indonesia di Piala Dunia

Penulis Rahma K
Nov 22, 2023
Arkhan Kaka. (Foto: pssi.id)
Arkhan Kaka. (Foto: pssi.id)

ThePhrase.id – Nama Arkhan Kaka Putra Purwanto menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia U-17 yang menonjol dalam laga Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Indonesia. Pasalnya, ia berhasil menyumbang dua gol dalam dua laga.

Gol pertama yang dilayangkan oleh striker berusia 16 tahun ini adalah pada pertandingan perdana Timnas Indonesia U-17, yakni ketika melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada 10 November 2023.

Kaka mencetak gol di menit ke-22 ketika skor masih 0-0, dan pertandingan selesai dengan skor final 1-1. Berkat gol ini, Kaka menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang mencetak gol di ajang Piala Dunia sepanjang sejarah.

Usai pertandingan, Kaka mengatakan bahwa golnya ia persembahkan untuk sang ibu yang tengah berulangtahun. "Gol ini saya persembahkan untuk ibu saya, tepat di hari ini beliau ulang tahun, dan saya sangat bangga, beliau juga bangga,' ujarnya. 

Tak puas dengan satu gol, Kaka kembali mencetak gol pada pertandingan kedua Timnas U-17. Gol kedua tersebut ia tembakkan pada laga yang berlangsung pada 13 November 2023 di stadion yang sama melawan Panama di menit ke-54.

Profil Arkhan kaka  Pencetak Gol Pertama untuk Indonesia di Piala Dunia
Arkhan Kaka. (Foto: Instagram/fifaworldcup)

Namun, ini bukanlah kali pertama Kaka mempertunjukkan pada dunia kebolehannya dalam sepak bola. Sebelumnya, ia juga telah menyumbang beberapa gol untuk merah putih dengan Timnas Indonesia U-17 pada laga-laga lain.

Siapakah sosok Arkhan Kaka ini dan apa bagaimana sepak terjangnya dalam dunia sepak bola di usia yang masih belia? Simak profilnya!

Profil dan perjalanan karier Arkhan Kaka

Arkhan Kaka Putra Purwanto lahir di Blitar, Jawa Timur pada 2 September 2007. Ia merupakan anak dari mantan pesepak bola Indonesia bernama Purwanto Suwondo yang pernah membela klub Arema dan Persebaya Surabaya.

Ia memulai karier sepak bolanya di kampung halaman, yakni di Blitar dengan bergabung bersama SSB Tunas Muda Blitar. Setelah itu, ia sempat dipinjamkan ke PSBK Blitar dan bermain untuk Bhayangkara FC.

Di tahun 2022, ia direkrut oleh Persis Solo U-20. Tetapi di awal tahun 2023 ia dikontrak oleh Persis Solo hingga Juni 2026. Bersama Persis Solo, Kaka berkesempatan untuk turun ke lapangan ajang Liga 1 2022/2023.

Profil Arkhan kaka  Pencetak Gol Pertama untuk Indonesia di Piala Dunia
Arkhan Kaka. (Foto: Instagram/arkhan8kaka)

Bahkan, ia secara resmi menjadi pemain termuda yang debut di ajang tersebut pada rentang waktu dari tahun 1994 hingga 2023, dengan usianya yang kala itu baru menginjak 15 tahun 7 bulan dan 2 hari. Kali pertamanya merumput adalah pada pekan ke-32 Liga 1 2022/2023 ketika Persis Solo melawan Persib Bandung. Ia turun menggantikan Irfan Bachdim di menit ke-70.

Sementara itu, untuk kariernya di Timnas Indonesia, Kaka pertama kali tergabung di tahun 2022 untuk membela Indonesia di Piala AFF U-16 2022. Di ajang tersebut, Kaka tercatat menjadi salah satu kunci Garuda Muda keluar sebagai pemenang.

Pemuda dengan tinggi badan 187 cm ini menyumbang dua gol pada dua pertandingan. Gol pertamanya ia layangkan ketika melawan Filipina pada 31 Juli 2022, dan gol kedua berhasil dicetak ketika melawan Vietnam pada 6 Agustus 2022.

Performa dan kemampuan yang luar biasa tersebut membuat striker dengan nomor punggung 8 tersebut kembali membela Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Diketahui, pada kualifikasi tersebut Kaka menyumbang total tujuh gol.

Profil Arkhan kaka  Pencetak Gol Pertama untuk Indonesia di Piala Dunia
Arkhan Kaka. (Foto: Instagram/arkhan8kaka)

Gol pertama hingga keempatnya ia layangkan ketika melawan Guam pada 3 Oktober 2022. Pada pertandingan kedua melawan Uni Emirat Arab pada 5 Oktober 2022, Kaka berhasil mencetak dua gol atau brace. Sedangkan di pertandingan ketiga melawan Malaysia pada 9 Oktober 2022 ia meyumbang satu gol.

Tawaran bermain di luar negeri

Kemampuannya di Piala Dunia U-17 membuat dirinya dilirik oleh banyak klub, termasuk klub luar negeri. Dikutip dari beberapa sumber, ayah dari Kaka, Purwanto, mengatakan bahwa sudah ada dua orang yang menghubunginya. Ia membeberkan, salah satunya adalah dari Norwegia.

Purwanto mengatakan sangat berterima kasih dan bersyukur bahwa klub-klub dari luar negeri ingin memberikan kesempatan untuk Kaka. Namun, ia belum bisa memberikan keputusan untuk sang anak.

Pasalnya, Kaka tengah terikat kontrak dengan Persis Solo hingga tahun 2026. Selain itu, Purwanto juga mengatakan bahwa Kaka masih berusia 16 tahun. Menurutnya, ia lebih baik 'matang' terlebih dahulu di Liga 1 dan baru melangkah ke tim luar negeri di usia 18 tahun.

"Sekarang Kaka masih berusia 16 tahun, yang mana menurut saya belum. Sebaiknya dia harus matang dulu di Liga 1 atau minimal (usia) 17-18 tahun baru bisa keluar negeri," jelasnya. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic