lifestyle

Tabir Surya Untuk Laki-Laki, Perlukah?

Penulis Rahma K
Feb 05, 2024
Ilustrasi laki-laki mengenakan sunscreen. (Foto: Freepik)
Ilustrasi laki-laki mengenakan sunscreen. (Foto: Freepik)

ThePhrase.id – Tabir surya adalah salah satu produk yang penting untuk digunakan sehari-hari. Dalam tahapan skincare, tabir surya tidak dapat dilewatkan pemakaiannya, baik jika beraktivitas di luar maupun dalam rumah.

Tabir surya sangat penting untuk menghindari kulit dari terpapar sinar UV A dan UV B serta blue light dari gadget seperti ponsel dan komputer. Apabila kulit sering terpapar radiasi sinar-sinar ini, lama kelamaan dapat menimbulkan risiko buruk seperti rasa terbakar panas matahari, adanya gangguan pigmentasi sampai terjadinya kanker kulit.

Sayangnya, skincare kerap dikaitkan dengan sesuatu yang hanya dilakukan perempuan. Padahal, skincare juga sangat penting untuk laki-laki, karena memiliki kulit yang sama. Begitu juga dengan tabir surya, meskipun simpel masih belum banyak digunakan oleh kaum adam.
 

Seberapa Penting Tabir Surya Untuk Laki-Laki?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Diah Nugrahaeni, SpDV mengatakan pada dasarnya laki-laki dan perempuan wajib memakai tabir surya setiap hari, terutama saat pagi sampai jam 4 sore saat masih ada sinar matahari.

Terlebih lagi untuk para laki-laki yang sering beraktivitas di luar ruangan dan di bawah terik matahari. Terpapar sinar matahari dapat membuat kulit kusam, berbahaya bagi kulit jika terpapar sinar UV A dan UV B yang berlebihan, kemerahan, dan bahkan dapat menimbulkan luka bakar.

"Pada jangka panjang, dapat menyebabkan munculnya flek-flek hitam karena hormonal laki-laki yang dipengaruhi oleh hormon testosterone, sampai terjadinya kanker kulit," ujar dr Diah kepada Thephrase.id, Junat (22/10).

Tipe Tabir Surya Untuk Laki-Laki

Tabir Surya Untuk Laki-Laki, Perlukah?
dr. Diah Nugrahaeni, SpDV. (Foto. Dok. Pribadi)


Dokter Diah menjelaskan, kita harus paham dulu adanya perbedaan antara jenis kulit laki-laki dan perempuan. Kulit laki-laki lebih tebal, lebih kasar dan pori-pori cenderung lebih lebar sehingga sering juga dapat timbul jerawat.

Dokter Diah juga menjelaskan tentang macam tabir surya, pertama ada tabir surya yang sifatnya fisik yang berguna memantulkan sinar matahari (contohnya : zinc oxide) dan yang kedua tabir surya yang sifatnya kimiawi. Bentuk sediaan dari tabir surya sendiri ada yang berbentuk gel, lotion dan krim.

Diasarankan saat ini memakai tabir surya yang broad spektrum sehingga praktis dan bisa menangkal UV A dan UV B sekaligus Tabir surya berbentuk gel atau  spray dapat memudahkan dalam pengolesannya dan tidak cenderung tidak berwarna.

Laki-laki sering beraktivitas di luar ruangan, oleh sebab itu disarankan memakai tabir surya dengan SPF yang tinggi. Apa itu SPF? SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor.  SPF berguna untuk mencegah terhadap paparan UV B. Tabir surya dengan SPF 30 dapat menyerap paparan UV B 97%, sedangkan tabir surya dengan SPF 50 bisa menyerap UV B sampai 98%.

Pada jenis kulit kita yang tinggal di daerah tropis, cenderung memiliki pigmen yang cokelat atau lebih gelap. Keuntungan dari warna kulit ini penyerapan UV ke kulit lebih sedikit dibanding dengan orang yang memiliki kulit tipe kulit putih. Tipe kulit putih membutuhkan tabir surya dengan SPF lebih tinggi, karena menyerap UV lebih banyak,  dehingga proteksi harus lebih kuat.

Disarankan bila sering di luar ruangan, untuk kulit jenis kecokelatan cukup memakai SPF 30-50, tapi bila di dalam ruangan bisa memakai SPF 15.

Aplikasi Ulang

Idealnya, penggunaan tabir surya adalah pada pagi hingga sore hari, ketika matahari masih terlihat di langit. Pengaplikasian awal disarankan 15-30 menit sebelum mulai beraktivitas. Mengapa demikian? Agar saat beraktivitas, tabir surya sudah terserap sempurna sehingga tidak terjadi efek buruk sinar matahari.

Ilustrasi tabir surya. (Foto: pexels/Moose Photos)


Menggunakan tabir surya spray disarankan digunakan 15-30 menit sebelum aktivitas agar terserap dahulu. Semprotan pertama tabir surya dioles rata lalu diberikan semprotan kedua, lalu diamkan.

Penggunaan tabir surya dengan SPF 15 atau 30 perlu pengaplikasian ulang. Setiap 2 hingga 3 jam, aplikasikan ulang tabir surya untuk melindungi kulit lebih baik. Sedangkan untuk tabir surya SPF 50 hanya perlu 1 kali pengaplikasian, kecuali sangat berkeringat sehingga perlu diaplikasikan ulang.

Membersihkan Muka Pada Akhir Hari

Para perempuan, terutama yang menggunakan make-up, pada akhir hari agar membersihkan muka dengan teknik double cleansing atau dua kali pembersihan agar semua make-up pada wajah terangkat.

Lantas, apakah laki-laki juga harus melakukan double cleansing, jika hanya menggunakan tabir surya? Menurut dokter Diah, jika tidak memakai make-up yang cukup berat, misalnya hanya tabir surya, maka untuk membersihkan wajah cukup menggunakan sabun muka saja.

Dokter Diah menambahkan, dengan membersihkan wajah secara teratur, pemakaian sunscreean secara teratur, banyak minum air putih, banyak mengkonsumsi makanan sehat, tidur cukup serta menghindari stress berlebihan, dapat membuat kulit lebih sehat. Selamat mencoba! [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic