lifestyle

Tren ‘Marinated Makeup’ Viral di Media Sosial, Apa Maksudnya?

Penulis Rahma K
Jan 06, 2024
Ilustrasi marinated makeup. (Foto: Instagram/fuji_an)
Ilustrasi marinated makeup. (Foto: Instagram/fuji_an)

ThePhrase.id – Di dunia kecantikan, tren makeup baru terus bermunculan, mulai dari tren makeup gelap, bertemakan buah, hingga yang nyeleneh. Salah satunya yang tengah naik daun dan viral di media sosial adalah ‘marinated makeup’.

Seperti makanan, ‘marinated’ yang dimaksud dalam marinated makeup adalah marinasi. Seperti diketahui, dalam dunia memasak, memarinasi bahan makanan seperti daging dengan bumbu akan membuat rasa menyerap sehingga lebih lezat saat disantap.

Mirip dengan konsep memasak, makeup yang telah 'dimarinasi' dikatakan dan diyakini oleh banyak orang membuat tampilan lebih matang dan sempurna. Namun, dengan apa makeup dimarinasi dan bagaimana caranya?

Berbeda dengan bahan makanan yang dimarinasi dengan berbagai bumbu supaya meresap, dalam dunia kecantikan, marinasi yang dimaksud tidaklah diberi tambahan, melainkan ditunggu beberapa jam hingga makeup meresap pada wajah.

Dengan demikian, yang dimaksud dengan marinated makeup adalah istilah yang digunakan ketika makeup telah dikenakan selama berjam-jam dan telah meresap dengan minyak-minyak alami wajah, membuat makeup terlihat lebih cantik.

Tren    Marinated Makeup    Viral di Media Sosial  Apa Maksudnya
Ilustrasi marinated makeup. (Foto: Instagram/fuji_an)

Istilah ini ada untuk membedakan makeup yang baru saja diaplikasikan pada wajah, yakni fresh makeup. Karena, makeup yang baru saja dikenakan dan yang telah dikenakan selama berjam-jam akan terlihat berbeda.

Yang telah digunakan selama berjam-jam atau telah ‘termarinasi’ dikatakan terlihat lebih natural dan menyatu dengan kulit, sehingga lebih banyak disukai. Bahkan, tak sedikit orang yang enggan menghapus makeup di malam hari karena masih terlihat bagus setelah digunakan seharian penuh.

Namun, tren marinated makeup ini memiliki satu sisi negatif, yakni memakan waktu yang lama. Pasalnya, efek marinasi baru akan muncul setelah digunakan selama beberapa jam. Sehingga, orang-orang yang harus langsung beraktivitas setelah mengenakan makeup tidak bisa mendapatkan efek marinated makeup tersebut.

Untuk menyiasatinya, terdapat tips yang dapat diikuti, yakni bersiap-siap sebelum bepergian atau berkegiatan selama beberapa jam sebelumnya untuk menggunakan makeup. Dengan begitu, ketika waktunya pergi telah tiba, makeup telah termarinasi.

Tips lain adalah jika akan pergi di sore atau malam hari, kamu dapat mengenakan makeup mulai dari siang dan membawanya tidur siang. Testimoni pengguna yang telah mencoba tips ini mengatakan makeup akan terlihat lebih glowing dan natural setelah dibawa tidur siang. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic