auto

Memasuki Musim Hujan, Periksa 5 Komponen Mobil ini agar Aman Berkendara di Jalan

Penulis Rahma K
Nov 07, 2023
Ilustrasi mobil berkendara saat hujan. (Foto: unsplash/Basil Minhaj)
Ilustrasi mobil berkendara saat hujan. (Foto: unsplash/Basil Minhaj)

ThePhrase.id – Memasuki bulan November berbagai wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan. Dalam menghadapi musim hujan, terdapat beberapa komponen mobil yang perlu diperiksa dan dipersiapkan.

Pasalnya, berkendara di tengah hujan memerlukan kehati-hatian yang ekstra karena dapat menyebabkan beberapa masalah seperti hydroplaning atau aquaplaning, water hammer, dan beberapa masalah lain.

Agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman meskipun di tengah hujan yang lebat sekalipun, ada baiknya untuk memeriksa beberapa komponen terkait. Selain diperiksa, komponen-komponen berikut ini juga perlu dipersiapkan agar dalam kondisi prima untuk berkendara di musim hujan.

1. Ban mobil

Komponen pertama yang perlu diperhatikan adalah ban mobil. Hal ini dikarenakan ban adalah komponen yang bersinggungan langsung dengan jalan. Ketika hujan, maka jalanan akan basah, bahkan menampung air menjadi genangan. 

Untuk itu, perlu diperhatikan apakah ban mobil dalam keadaan prima. Periksalah alur ban, apabila alur ban telah botak atau aus, ada baiknya untuk diganti yang baru. Untuk diketahui, alur ban berfungsi untuk memperbesar gaya gesekan, maka ban telah aus membuat daya cengkeramnya melemah. Jika daya cengkeram rendah, maka dapat membuat mobil slip atau terjadi hydroplaning.

Memasuki Musim Hujan  Periksa 5 Komponen Mobil ini agar Aman Berkendara di Jalan
Ilustrasi mobil berkendara saat hujan. (Foto: freepik/rawpixel.com)

2. Rem mobil

Rem mobil merupakan komponen yang wajib untuk dicek dan dipastikan berfungsi dengan baik. Pasalnya, rem adalah komponen yang berfungsi untuk menghentikan mobil melalui ban. Selain itu, jarak pengereman saat musim hujan juga akan lebih panjang, daripada kondisi jalanan yang kering. Maka dari itu, pastikan rem bekerja dengan baik.

3. Wiper

Bagian mobil lain yang berhubungan langsung dengan air hujan dan memengaruhi proses berkendara adalah kaca. Terutama kaca depan dan belakang dari mobil perlu bersih dari segala halangan agar visibilitas pengemudi tetap jernih. Komponen yang menyeka air dari kaca adalah wiper, maka dari itu penting untuk memastikan wiper dalam kondisi yang baik, terutama bagian karetnya. Selain itu, cairan atau air wiper turut perlu diperhatikan jangan sampai habis di jalan.

4. Lampu/kelistrikan

Selanjutnya, komponen yang perlu diperhatikan sebelum berkendara di musim hujan adalah lampu serta komponen kelistrikan mobil. Hujan yang lebat dapat membuat jalanan terlihat warna putih dan kabur. Terlebih lagi jika berkendara di tengah hujan lebat pada malam hari, lampu memerankan peran yang penting sebagai komponen yang memberikan penglihatan kepada pengemudi. Selain lampu, komponen kelistrikan lainnya seperti meter cluster, lampu sein, brake lamp, lampu senja, juga perlu pengecekan.

5. Defogger

Pada beberapa mobil, tersedia fitur defogger yang berfungsi untuk menghilangkan embun di kaca mobil, baik di kaca depan maupun belakang. Embun pada kaca mobil ini dapat menghambat penglihatan sang pengendara atau membuat visibilitas jalanan terganggu. Maka dari itu, fitur defogger juga ada baiknya untuk diperiksa agar dapat bekerja dengan baik saat dibutuhkan. 

Itu dia lima komponen mobil yang perlu diperiksa dan dipersiapkan dalam berkendara di musim hujan. Hati-hati saat berkendara di jalan ya! [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic