lifestyle

Mengulik Tren Self-Care ‘Everything Shower’ yang Viral di Media Sosial

Penulis Rahma K
Sep 10, 2023
Ilustrasi kamar mandi. (Foto: pexels/Max Rahubovskiy)
Ilustrasi kamar mandi. (Foto: pexels/Max Rahubovskiy)

ThePhrase.id – Dalam beberapa waktu belakangan, tren perawatan diri bernma ‘Everything Shower’ tengah viral di media sosial dan dilakukan oleh orang-orang dari seluruh dunia. 

Tren ini memang terlihat suatu hal yang biasa, tetapi kerap luput untuk dilakukan di tengah-tengah kesibukan sehari-hari. Padahal, tanpa disadari jika dilakukan dapat memberikan dampak yang positif baik secara fisik maupun secara mental.

Pada dasarnya Everything Shower adalah sebuah kegiatan membersihkan diri secara menyeluruh. Karena menyeluruh, maka step yang dilakukan pun ada banyak dan beragam, sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Maka dari itu, diperlukan waktu yang khusus didedikasikan untuk melakukan Everything Shower di sela-sela rutinitas, seperti contohnya satu kali dalam seminggu. Tujuannya adalah selain tentunya untuk membersihkan badan, Everything Shower juga memberikan 'me time' untuk diri sendiri selepas satu minggu berkegiatan.

Selain itu, dilansir dari Healthline, rutinitas ini juga dikatakan dapat membantu mengatasi dan meredakan perasaan stres, cemas, dan mood yang kurang baik. Setelahnya, secara fisik tubuh akan merasa segar, dan mood turut akan membaik.

Menurut Tania Taylor, seorang hipnoterapis klinis dan psikoterapis, inti dari Everything Shower yang membuat seseorang dapat merasakan tenang, segar, dan refreshed setelah melakukannya terletak pada ritual yang dijalankan. Berkomitmen pada praktik ini dan proses meluangkan waktu untuk diri sendirilah yang memberikan manfaat paling besar.

Mengulik Tren Self Care    Everything Shower    yang Viral di Media Sosial
Ilustrasi melakukan ‘Everything Shower’. (Foto: pexels/Yaroslav Shuraev)

"Ritual, rutinitas, dan kebiasaan diketahui memiliki dampak positif terhadap kesejahteraan kita karena membuat kita merasa aman, percaya diri, dan nyaman," ungkap Tania Taylor, dilansir dari Healthline.

Dengan begitu, bukan produk-produk dengan harga tinggi atau yang banyak digunakan orang-orang yang dapat memberikan rasa puas dan keuntungan dari Everything Shower, melainkan rutinitas dan langkah-langkah yang dilakukan itu sendiri.

Terlebih lagi, Ali Ross, seorang psikoterapis dan juru bicara Dewan Psikoterapi Inggris mengatakan Everything Shower memberikan manfaat yang tidak disadari karena kegiatan ini memberikan kesempatan untuk kita berhenti sejenak di tengah jadwal yang sibuk dan memanjakan diri sendiri.

Lantas, bagaimana cara melakukan ‘Everything Shower’ dan apa saja langkah-langkahnya?

Pertama-tama, yang harus dilakukan adalah luangkan waktu setelah satu minggu berkegiatan penuh untuk melakukan Everything Shower, bisa di akhir pekan, ataupun di penghujung hari Jumat sebagai penutup weekday.

Selanjutnya, persiapkan beberapa hal yang dapat membangun vibes dan mood, seperti playlist yang santai, lilin aromaterapi, essential oil, dan lain-lain untuk membantumu lebih rileks. Persiapkan juga produk-produk yang akan digunakan agar mudah dijangkau.

Setelah semua persiapan telah dilakukan, mulailah dengan menggunakan hair oil dan diamkan selama 30 menit. Sembari menunggu, lakukan juga eksfoliasi menggunakan scrub pada seluruh bagian tubuh atau bagian-bagian tertentu yang diinginkan.

Mengulik Tren Self Care    Everything Shower    yang Viral di Media Sosial
Ilustrasi melakukan langkah perawatan pada ‘Everything Shower’. (Foto: pexels/Ron Lach)

Gosok scrub pada bagian yang dioleskan lalu bilas. Langkah selanjutnya adalah mencukur bulu-bulu halus di tubuh sepeti tangan dan kaki. Kamu juga dapat melakukan langkah ini di area lain yang diinginkan. Gunakanlah pisau cukur yang tajam dan bersih, serta krim atau busa cukur.

Bersihkan juga wajah menggunakan pembersih yang mengandung minyak agar dapat mengangkat segala kotoran, debu, dan sisa-sisa makeup. Pijat wajah dengan lembut dan bilas menggunakan air hangat. Dalam langkah ini, kamu juga dapat menggunakan gua sha untuk membuat otot-otot wajah lebih rileks.

Setelah seluruh langkah di luar shower selesai, bilaslah seluruh badan termasuk hair oil yang telah didiamkan. Bersihkan rambut terlebih dahulu menggunakan sampo dan conditioner atau hair mask. Jika diinginkan, gunakan juga produk creambath untuk me-refresh rambut lebih dalam. Setelah itu barulah gunakan sabun ke seluruh bagian tubuh dengan perlahan mendalam.

Ulangi langkah di bawah shower selama dua kali jika diinginkan, kemudian keringkan tubuh. Seusai mandi, bagian yang tak kalah penting adalah melembapkan kulit menggunakan moisturizer. Gunakan pelembap pada kulit seluruh tubuh agar kulit tetap terhidrasi dan lembap.

Keringkan juga rambut dan gunakan produk-produk yang membantu 'mahkota' kepala tetap sehat seperti hair serum, hair tonic, hair vitamin, hingga hair mist. Terakhir, aplikasikan rangkaian skincare pada wajah seperti toner, essence, serum, pelembap, sheet mask, eye mask, lip mask dan lain-lain. [rk]

 
Related News

Popular News

 

News Topic